SD ISLAM MUTMAINAH

Penentuan Awal Bulan Suci Ramadhan 2024

Bulan Suci Ramadhan 2024
Gambar (Doc. SDI-Mutmainah)

Marhaban Ya Ramadhan, Bulan Ramadhan yang penuh berkah sebentar lagi akan tiba. Umat Islam di Indonesia bersiap menyambut bulan suci ini dengan sukacita.


Penetapan Pemerintah dan NU

Kementerian Agama (Kemenag) bersama organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dan organisasi-organisasi Islam lainnya dengan menggunakan metode hisab dan rukyat untuk menentukan awal Ramadhan. Hisab adalah perhitungan astronomis untuk menentukan posisi bulan. Rukyat adalah pengamatan hilal (bulan sabit) secara langsung.

Berdasarkan hasil sidang Isbat, oleh Kemenag dan organisasi-organisasi Islam di Indonesia, 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh bertepatan pada hari Selasa Tanggal 12 Maret 2024 M. Penetapan resmi ini diumumkan setelah sidang Isbat malam tadi, yang digelar Kemenag pada  tanggal 10 Maret 2024.


Penetapan Muhammadiyah

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal dalam penentuan awal Ramadhan. Berdasarkan metode ini, 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024.


Momen Menyatukan Umat

Meskipun mungkin ada perbedaan tanggal penetapan awal Ramadhan, namun pada hakikatnya semua umat Islam memiliki tujuan yang sama, yaitu menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Perbedaan ini bisa menjadi momen untuk saling menghormati dan menjaga persatuan umat.


Persiapan Menyambut Ramadhan

Selain mengetahui penentuan awal Ramadhan, penting juga untuk melakukan persiapan menyambut bulan suci ini. Persiapan tersebut dapat berupa:

  • Memperbanyak membaca Al-Quran dan memahami maknanya.
  • Memperbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama.
  • Menyiapkan menu makanan sahur dan berbuka puasa yang sehat dan bergizi.
  • Menjaga kesehatan agar kuat menjalankan ibadah puasa.

Dengan persiapan yang baik, semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini dengan lancar dan penuh berkah. Aamiin.



Author Cob3ntPc

Silahkan Dishare